Sabtu, 22 September 2012
PRINSIP KERJA MESIN DUA TAK ( 2 LANGKAH )
pada mesin dua langkah campuran udara,bahan bakar di kompresi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama (kompresi pendahuluan di depan crankcase). Campuran di tarik ke dalam crankcase dan di kompresi, selanjutnya masuk kedalam ruang pembakaran. Kompresi ke dua (kompresi di dalam silider dan ruang pembakaran). Campuran yang di kompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai langkah transfer.
KOMPONEN UTAMA PADA MESIN SEPEDA MOTOR 2TAK
komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu :
1 . Kepala silinder ( cylinder head )
2 . Blok silinder mesin ( cylinder block )
3 . Blok engkol mesin ( crankcase )
jadi 3 bagian utama tersebut merupakan tulang punggung bagi kendaraan bermotor roda dua.
KOMPONEN MESIN DAN PENJELASANNYA.
KEPALA SILINDER
bagian atas blok silinder adalah kepala silinder. Kepala silinder di baut pada blok silinder dengan baut-baut yang panjang. Baut baut terrebut di keraskan dengan kekerasan tertentu.
BLOK SILINDER
blok silinder bisa dikatakan bagian yang penting pada suara mesin. Blok silinder tempat piston bergerak bolak balik dan tempat beberapa komponen kelistrikan di pasangkan. Kontruksi blok silinder di pengaruhi oleh sistem pendinginannya, jumlah silindernya serta sistem pemasukan bahan bakarnya.
BAK ENGKOL MESIN
bak engkol merupakan ruangan tempat berputarnya engkol bagian bawah bak engkol adalah ruang karter tempat minyak pelumas.Tutup karter merupakan belahan blok silinder yang di baut pada sekeliling tepinya , pemasangan belahan tersebut di beri perpak di antara keduanya untuk mencegah kebocoran minyak pelumas.
PISTON
bentuk piston mesin 2 tak ditentukan oleh sistem pemasukan gas ke dalam silindernya. Bentuk pirton mesin 2 tak antara lain :
-puncak piston cembung. Puncak piston cembung di maksudkan untuk membantu arah pemasukan gas baru ke dalam silinder. Arah masuk gas baru tersebut harus sedemikian rupa sehingga gas buang dapat keluar semuanya dan gas baru tidak ikut keluar bessama buang.
SISTEM PELUMASAN SFPEDA MOTOR 2TAK
sistem pelumasan sepeda motor dua langkah dapat dibagi menjadi dua macam, yang pertama pelumasan campuran, dimana minyak pelumas dan bahan bakar dicampur sebelumnya di dalam tangki bahan bakar. Jenis ke dua, pelumasan tidak campur, yaitu minyak pelumas diinjeksikan ke dalam campuran bahan bakar dan udara di dalam intak manifold. Sistim pelumasan tidak campur terdiri dari bermacam macam cara yaitu :
- sistem pelumasan campur
- sistem pelumasan tidak campur.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar